Manajemen hubungan dengan
pelanggan (Customer Relationship Management : CRM), memiliki fungsi yang
strategis dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini.
Manajemen hubungan
pelanggan (Customer Relationship Management, disingkat jadi “CRM”)adalah
suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan
hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai
perusahaan dimata pelanggannya.
Temporal and Trott
(2001)menjelaskan
bahwa CRM adalah kolaborasi dengan setiap konsumen untuk menciptakan situasi
win-win dengan meningkatkan nilai kehidupan pelanggan setiap harinya agar
menjadi loyal.
Sedangkan Francis
Buttlemendefinisikan CRM sebagai core business strategi yang
mengintegrasikan proses internal serta fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan
dengan jejaring eksternal untuk menciptakan dan men-deliver value (manfaat)
kepada target pelanggan yang memberikan keuntungan.
Menjalin hubungan
baik dengan pelanggan adalah hal yang selayaknya dilakukan oleh setiap
organisasi pelayanan baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan. Hal ini dikarenakan
posisi dan keberadaan pelanggan sangat memberikan pengaruh dalam
keberlangsungan bisnis suatu organisasi.
Terdapat beberapa
alasan mengapa jalinan hubungan baik dengan pelanggan sangat penting dilakukan
, antara lain :
1.
Untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan dan harapan melalui sudut pandang
pelanggan sehingga akan memudahkan organisasi pelayanan dalam menyusun strategi
pelayanan.
2.
Mendorong tingkat loyalitas pelanggan terhadap jasa layanan yang
diberikan oleh organisasi (perusahaan/pemerintah).
3.
Untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan
melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.
Contoh
Implementasinya:
Pada suatu Family
Club atau Club House memiliki sekian ratus anggota. Semua pelanggan disimpan
datanya termasuk tanggal lahir dan lain sebagainya. Ketika salah seorang
anggota yang kebetulan hari itu adalah hari ulang tahunnya melakukan check-in
dan langsung juga pada saat itu petugas resepsionis Club House mengucapkan
selamat ulang tahun kepada anggota tersebut.
Itu salah satu contoh
kecil yang merupakan efek dari CRM dimana pelanggan merasa dilayani secara
personal. Ini akibat dari database pelanggan digunakan oleh perusahaan secara
maksimal untuk menunjang CRM. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas perusahaan
dimata pelanggannya dan secara otomatis juga akan meningkatkan loyalitas
terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Contoh lain dari
kegiatan CRM adalah menelpon atau mengirimkan newsletter kepada setiap
pelanggan dengan isi yang relevan dengan kesukaan atau minat dari setiap
pelanggan. Tujuan akhir dari CRM akhirnya juga akan meningkatkan penjualan dari
perusahaan beserta peningkatan brand image dari perusahaan itu sendiri.
Transaction Processing
System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan
untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin
seperti daftar gaji dan inventarisasi.
TPS menghapus rasa
bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun
orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.Transaction
Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi
berinteraksi dengan lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data
yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai
apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat peting bagi
operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan
lancar dan tanpa interupsi sama sekali.Transaction processing systems (TPS)
berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan
mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing
systems). Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari
transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan
persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai
informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh,
TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order
pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui
database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.
Transaction
Processing System (TPS) merupakan subsistem input penting dengan mengumpulkan
data dari berbagai sumber guna mendapatkan profil pelanggan. Telkom E- Service
adalah layanan baru dari PT Telkom Indonesia Tbk yang diluncurkan pada tahun
2008 dipersembahkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan semakin
mendekatkan perusahaan dengan pelanggan. Melalui layanan ini, pelanggan akan
dapat kemudahan dalam berinteraksi dengan perusahaan secara online.
Implementasi
Transaction Processing System (TPS) pada perusahaan Telkom
· Entreprise
Collaboration System
Media intranet (portal internal) adalah media komunikasi perusahaan secara
on-line, real time, dinamis dan terbatas untuk lingkungan Telkom. Media ini
berperan sebagai media komunikasi utama yang diposisikan sebagai wahana
kolaborasi dan sharing informasi dan knowledge baik antara pimpinan dengan
staff, antara manajemen dengan karyawan dan antar karyawan. Intranet di Telkom
Bogor merupakan salah satu sarana yang telah cukup lama dimanfaatkan dalam mendukung
keseluruhan operasioanl bisnis. Fleksibilitas yang tinggi dan kemudahannya
untuk dipelajari memungkinkan teknologi ini dapat dikembangkan di setiap unit
dan lini dari perusahaan guna mensolusi berbagai permasalahan yang membutuhkan
dukungan IT.
Fitur intranet
Berikut ini beberapa fitur pada aplikasi intranet Telkom :
Berikut ini beberapa fitur pada aplikasi intranet Telkom :
1.
Single sign-on
Single sign-on mempunyai arti satu login untuk berbagai aplikasi.Dengan implementasi intranet dimungkinkan integrasi aplikasi dan berbagai platform. Kondisi sekarang telah diintegrasikan aplikasi antara lain:
Single sign-on mempunyai arti satu login untuk berbagai aplikasi.Dengan implementasi intranet dimungkinkan integrasi aplikasi dan berbagai platform. Kondisi sekarang telah diintegrasikan aplikasi antara lain:
o Nota
dinas elektronik dan slip gaji online
o BKP
online
o Email
divre Jawa Barat
o RDB/FBI
o
Dashboard kandatel
o
Dashboard produk (flexi,SLI,SLJJ,dll
o
Knowledge management
o Divre
Jateng management control
o Tools
USI (Simos, cuti online, dan lain-lain)
2. MenudefaultSecara
default, user akan diberikan menu standar yang dapat dikastemisasi sesuai
kebutuhan. Menu default saat user login pertama kali:
o
Collaboration : (Nota dinas, Memo, Divre bogor E-mail)
o Intra
portal (Intra unit, Intra DIVRE, Intra Telkom)
o
Business (TQMS, The Telkomway 135, RDB, FBI)
o Tools
(Rescue model, Portal file, merupakan tools untuk menyimpan data-data penting
agar dapat diakses dari Portal, dengan kuota sebesar 20 MB per user, Personal,
BKP anda, Slip gaji)
o
Accessories (Home, Identitas user, Grafik bioritme user dan keluarganya.
Bioritme atau irama hidup adalah prediksi siklus kondisi fisik, emosional dan
intelektual seseorang. ada pendapat yang menyatakan bahwa siklus emosional
berlangsung selama 28 hari, siklus fisik berlangsung selama 23 hari sedangkan
siklus intelektual berlangsung selama 33 hari. Oleh karena itu, grafik bioritme
dihitung berdasarkan tanggal lahir, Portal notes, fasilitas untuk menyimpan
catatan kecil, Portal contacts, fasilitas untuk menyimpan data kontak)
o Portal
reminder (Default reminder dibuat oleh system. Secara default, tiap user akan
diberikan reminder berikut: Tagihan telepon , Penerimaan BPHP, Ulang tahun
keluarga
o
Personal reminder (User dapat membuat reminder sesuai kebutuhan, misal: tanggal
jatuh tempo pembayaran asuransi, perpanjangan STNK, dll, Options : Menu ini
berfungsi untuk menkastemisasi menu portal yaitu untuk melakukan penambaham
atau pengurangan folder atau item di menu portal, Logout )
Sumber:
Yusuf Dimas, 2016 http://yusufdimash.blogspot.co.id/2016/11/studi-kasus-sistem-informasi-pt-telkom.html.
Anonim, 2012, https://sttdb.wordpress.com/2009/12/04/pengertian-tps-transaction-processing-systems/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar